TAHUKAH ANDA?

100 Triliun Dolar Zimbabwe

Zimbabwe Adalah negara bagian Afrika Selatan, karena Perekonomian Zimbabwe terus mengalami kemorosotan selama beberapa waktu ini. Inflasi negeri ini terus meningkat hingga 2,2 juta persen, yang menjadi inflasi tertinggi di dunia. Akibat inflasi yang tinggi tersebut, bank sentral Zimbabwe sudah mengeluarkan 4 versi mata uang sampai sekarang. Terakhir kali bank sentral Zimbabwe mengeluarkan pecahan $ 100,000,000,000,000 (100 triliun dolar) yang menjadi uang dengan nominal terbesar didunia yang kemudian digantikan dengan dolar versi ke-4 dimana setiap $ 100,000,000,000 (100 Miliar dolar) uang lama digantikan menjadi $1 uang baru (Mata uang indonesia kurang lebih 9500 IDR)

Nilai mata uang negeri itu terdepresiasi sekitar 84 persen sejak Bank Sentral Zimbabwe mengambangkan kurs mata uang setelah bertahun-tahun mematok kurs. Menurut pengamat, melorotnya nilai mata uang dolar Zimbabwe dipicu oleh inflasi serta permintaan uang tunai yang luar biasa banyak.

Harga barang-barang kebutuhan pokok melambung tinggi sejak terjadi gejolak politik pascapemilu. Roti tawar yang dulu seharga 15 juta dolar Zimbabwe kini melonjak menjadi 600 juta dolar Zimbabwe. Satu liter minyak goreng harganya 2,5 juta dolar. Inflasi di negeri itu mencapai 165.000 persen atau tertinggi di dunia. Dan angka inflasi berlanjut makin menggila menjadi 1,8 juta persen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: