PERMINTAAN, PENAWARAN DAN KESEIMBANGAN PASAR

Teori Permintaan dan Kurva Permintaan

Hukum permintaan menyatakan bahwa, semakin rendah harga suatu barang maka semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut, sebaliknya semakin tinggi harga suatu barang maka semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.

Kurva permintaan ialah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli. Pada umumnya kurva permintaan suatu barang menurun dari kiri atas ke kanan bawah.

 

Pengaruh faktor bukan harga terhadap permintaan

Banyak permintaan terhadap suatu barang juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti harga barang-barang lainnya. Seperti barang pengganti contohnya kopi dengan teh, jika tidak terdapat kopi maka dapat digantikan dengan teh, jadi jika harga kopi turun maka permintaan terhadap teh juga akan berkurang. Contoh lainnya gula dengan teh, jika ingin minum teh maka harus menggunakan gula, jadi jika permintaan terhadap teh meningkat maka permintaan terhadap gula cenderung meningkat juga.

Beberapa faktor lain yang cukup penting peranannya dalam mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang adalah pendapatan para pembeli, distribusi pendapatan, cita rasa, jumlah penduduk dan ramalan mengenai keadaan yang akan datang.

 

Teori Penawaran dan Kurva Penawaran

            Hukum penawaran menyatakan bahwa, semakin tinggi harga suatu barang maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual, sebaliknya semakin rendah harga suatu barang maka semakin sedikit jumlah barang tesebut yang ditawarkan.

Kurva penawaran ialah suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Pada umumnya kurva penawaran naik dari kiri bawah ke kanan atas.

 

Pengaruh faktor bukan harga terhadap penawaran

Selain harga, banyak penawaran suatu barang dipengaruhi juga oleh faktor-faktor lain seperti harga barang-barang lainnya, biaya untuk memperoleh faktor produksi, tujuan-tujuan operasi perusahaan dan tingkat teknologi yang digunakan.

Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan beberapa akibat seperti produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah. Dengan demikian keuntungan menjadi bertambah tinggi. Berdasarkan kedua akibat ini maka dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi cenderung menimbulkan kenaikan penawaran.

 

Keseimbangan Permintaan dan Penawaran

            Keadaan disuatu pasar dikatakan dalam keadaan seimbang atau ekuilibrium apabila jumlah yang ditawarkan para penjual pada suatu harga tertentu sama dengan jumlah yang diminta para pembeli pada harga tesebut.

Ada tiga cara yang dapat digunakan untuk menunjukkan keadaan kesimbangan, yaitu:

  1. Menentukan keseimbangan dengan menggunakan angka.
  2. Dengan menggunakan kurva permintaan dan penawaran.
  3. Menentukan keseimbangan secara matematik.

 

Perubahan Permintaan atau Penawaran

Pengurangan permintaan (kurva permintaan bergeser ke kiri) menyebabkan harga turun dan jumlah barang yang diperjualbelikan berkurang. Sedangkan pengurangan penawaran (kurva penawaran bergeser ke kiri) menyebabkan harga naik dan jumlah barang yang diperjualbelikan berkurang.

Posted on 19 Oktober 2012, in Ekonomi Mikro and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: