PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah; (1) perusahaan adalah pengambil harga, (2) setiap perusahaan mudah keluar atau masuk, (3) menghasilkan barang serupa, (4) terdapat banyak perusahaan di pasar, dan (5) pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar.

Hal yang penting dalam suatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan adalah;

  1. Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan.
  2. Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu.

Untuk menentukan keadaan dimana perusahaan akan menentukan tingkat produksi yang akan memaksimumkan keuntungan, digunakan dua cara; (1) membandingkan hasil penjualan total dan  biaya total pada setiap tingkat produksi, (2) menentukan tingkat produksi dimana hasil penjualan total melebihi biaya total pada jumlah yang paling maksimum.

Dalam jangka pendek terdapat empat kemungkinan yaitu; (1) mendapat untung luar biasa yaitu penjualan melebihi jumlah biaya, (2) mendapat untung normal yaitu hasil penjualan sama dengan jumlah biaya, (3) mengalami kerugian tetapi masih dapat membayar biaya berubah, dalam keadaan seperti ini operasi perusahaan masih bisa dijalankan, dan (4) dalam keadaan menutup atau  membubarkan perusahaan karena biaya berubah total lebih tinggi daripada hasil penjualan.

Pada saat memotong titik terendah kurva AVC, kurva biaya marjinal (MC) dari suatu perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan kurva penawaran dari perusahaan tersebut. Dalam jangka panjang perusahaan tidak mungkin memperoleh keuntungan luar biasa (melebihi normal). Keuntungan luar biasa ini akan menarik perusahaan-perusahaan baru untuk masuk kedalam industri tersebut, masuknya mereka akan menambah penawaran dan akhirnya akan menurunkan harga, sehingga  perusahaan memperoleh keuntungan normal.

Begitu juga apabila perusahaan mengalami kerugian, kerugian akan mendorong beberapa perusahaan untuk mengundurkan diri dari industri tersebut. Penawaran barang akan berkurang dan harga akan semakin naik dan terus berlangsung sehingga perusahaan akan mengalami keuntungan normal kembali. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam jangka panjang, perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan sempurna cenderung untuk memperoleh keuntungan normal saja.

Biaya produksi penting peranannya dalam menentukan penawaran, maka perubahan-perubahan produksi dalam jangka panjang akan mempengaruhi kurva penawaran. Berdasarkan kepada sifat itu, kurva penawaran industri dalam pasar persaingan sempurna dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu yang dipengaruhi biaya produksi yang bersifat;

  1. 1.      Biaya jangka panjang yang tidak berubah.

Kurva penawaran sejajar dengan sumbu datar, kurva penawaran seperti ini terbentuk apabila biaya produksi tidak berubah atau tetap.

  1. 2.      Biaya jangka panjang yang semakin meningkat.

Kurva penawarannya naik dari kiri bawah ke kanan atas, ini menggambarkan bahwa dalam jangka panjang semakin banyak jumlah barang yang dihasilkan semakin tinggi biaya produksi per unit.

  1. 3.      Biaya jangka panjang yang semakin menurun.

Berlakunya penurunan biaya produksi disebabkan oleh kemajuan teknologi dalam industri tersebut dan perbaikan di industri lain yang menghasilkan bahan mentah kepada industri tersebut.

Kebaikan pasar persaingan sempurna;

  • Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi.
  • Kebebasan bertindak dan memilih.

Keburukan pasar persaingan sempurna;

  • Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi.
  • Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial.
  • Membatasi pilihan konsumen.
  • Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi.
  • Distribusi pendapatan tidak selalu merata.

Posted on 19 Oktober 2012, in Ekonomi Mikro. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: