PASAR OLIGOPOLI

Pasar oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari hanya beberapa produsen saja. Sifat saling mempengaruhi (mutual interdependence) merupakan sifat khusus dari perusahaan dalam pasar oligopoli, yang tidak terdapat di bentuk-bentuk pasar yang lain.

Dalam perekonomian yang sudah maju, pasar oligopoli banyak terdapat karena teknologi sudah sangat modern. Teknologi modern mencapai efisiensi yang optimum hanya sesudah jumlah produksi mencapai tingkat yang sangat besar. Keadaan ini menimbulkan kecenderungan pengurangan jumlah perusahaan dalam industri.

Ciri-ciri pasar oligopoli ialah sebagai berikut;

  1. Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak.
  2. Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya tangguh.
  3. Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan.

 

Penentuan Harga dan Produksi Tanpa Persepakatan

Perusahaan oligopoli harus membuat perhitungan yang cermat mengenai reaksi dari perusahaan lain apabila ia menurunkan atau menaikan harga barangnya. Setiap perusahaan oligopoli menyadari bahwa apabila ia mengubah harga penjualannya akan berpengaruh terhadap penjualan perusahaan-perusahaan lain. Dalam pasar oligopoli, penurunan harga dari suatu perusahaan cenderung akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lain juga akan melakukan penurunan harga agar mereka tidak kehilangan konsumen.

Sebaliknya perusahaan yang menaikan harga akan kehilangan konsumen, sedangkan perusahaan lain yang tidak menaikkan harga bertambah banyak konsumennya. Jadi tidak ada alasan untuk perusahaan lain tersebut mengubah tingkat harganya. Oleh karena perusahaan lain memiliki reaksi seperti itu maka permintaan yang dihadapi oleh suatu perusahaan dalam oligopoli adalah suatu kurva terpatah.

 

Pemaksimuman Keuntungan dalam Perusahaan Oligopoli

Dalam pasar oligopoli dimana perusahaan-perusahaan tidak melakukan persepakatan diantara mereka, tingkat harga adalah rigid, yaitu bersifat sukar mengalami perubahan. Ia cenderung untuk tetap berada pada tingkat harga yang telah ditetapkan pada permulaannya.

 

Hambatan-Hambatan untuk Memasuki Pasar Oligopoli

Jumlah perusahaan yang terbatas didalam pasar merupakan suatu bukti nyata bahwa perusahaan-perusahaan baru adalah sangat sukar untuk masuk ke pasar oligopoli.

Faktor-faktor penting yang menyebabkan susahnya memasuki pasar oligopoli adalah;

  1. Skala ekonomi.
  2. Perbedaan biaya produksi
  3. Sifat-sifat produksi yang mempunyai keistimewaan yang sukar diimbangi oleh perusahaan baru.

 

Kebaikan dan Kelemahan Pasar Oligopoli

Kebaikan pasar oligopoli;

  1. Pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk mengembangkan teknologi dan inovasi.
  2. Operasi perusahaan dapat mencapai efisiensi yang tinggi sehingga menurunkan biaya produksi.

Kelemahan utama dari pasar oligopoli adalah distribusi pendapatan yang tidak merata.

Posted on 19 Oktober 2012, in Ekonomi Mikro and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: