MASALAH EKONOMI DAN SISTEM PENGATURAN PEREKONOMIAN

Berdasarkan kepada corak analisis dalam ilmu ekonomi, ahli-ahli ekonomi telah dapat membagikan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat kepada tiga persoalan pokok, yaitu:

  1. Apakah barang dan jasa yang harus diproduksi.
  2. Bagaimanakah caranya memproduksi barang dan jasa tersebut.
  3. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksi.

Masalah yang pertama muncul sebagai akibat langsung dari ketidakmampuan sumber-sumber daya yang tersedia untuk memproduksi semua barang yang dibutuhkan masyarakat. Karena itu masyarakat harus membuat suatu pilihan, kebutuhan mana yang harus dipenuhi dan yang mana harus ditunda. Untuk menghasilkan barang biasanya terdapat beberapa cara, karena ada beberapa cara ini maka akan timbul suatu pilihan. Disinilah masalah efisiensi dijadikan dasar dalam melakukan pemilihan. Pilihan akan diletakkan kepada cara memproduksi yang paling efisien.

Batas kemungkinan produksi dan kurva kemungkinan produksi menunjukkan batas maksimum dari tingkat produksi yang dapat dicapai oleh suatu masyarakat dengan menggunakan seluruh faktor-faktor produksi yang dimilikinya. Langkah-langkah yang perlu dibuat untuk menentukan batas kemungkinan produksi dan kurva kemungkinan produksi.

  1. Membuat beberapa pemisalan mengenai keadaan yang berlaku dalam perekonomian.
  2. Membuat contoh angka mengenai tingkat produksi yang akan dicapai. Tingkat produksi yang digambarkan harus disesuaikan dengan pemisalan-pemisalan yang dilakukan.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memproduksi barang diantaranya:

  • Pertambahan dalam faktor-faktor produksi.
  • Kemajuan teknologi.

Sistem perekonomian dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, diantaranya Sistem perekonomian pasar bebas, Sistem perekonomian campuran, Sistem perekonomian perencanaan pusat. Setiap sistem ekonomi dapat memecahkan persoalan pokok perekonomian.

Pada sistem perekonomian pasar bebas akan terjadi interaksi diantara pembeli dan penjual di pasar, melalui interaksi ini produsen akan mendapat informasi mengenai barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan barang-barang yang perlu diproduksi. Untuk menghasilkan barang dan jasa, diperlukan faktor-faktor produksi dan untuk menggunakan faktor-faktor produksi tersebut diperlukan biaya, jadi untuk memaksimumkan keuntungan maka penggunaan faktor-faktor produksi itu haruslah efisien.

Karena kelemahan yang terdapat pada sistem perekonomian pasar bebas maka mendorong pemerintah untuk ikut campur dalam kegiatan perekonomian. Misalnya dalam sistem pasar bebas yang lemah semakin tertindas dan yang kuat semakin memperkukuh kedudukannya. Karena hal ini maka diperlukan campur tangan pemerintah untuk menghindari keadaan tersebut, dengan jalan membuat peraturan, melaksanakan kebijakan fiskal dan moneter ataupun secara langsung melakukan kegiatan ekonomi.

Pada sistem perekonomian perencanaan pusat, pemerintah berperan sepenuhnya terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan negaranya. Sistem ekonomi sepertini biasanya dilakukan oleh negara-negara komunis. Pemerintah menyelesaikan sendiri masalah-masalah ekonomi, untuk menyelesaikannya pemerintah membuat suatu perencanaan kegiatan ekonomi, yang bertujuan untuk menentukan kegiatan-kegiatan produksi yang dilakukan beberapa tahun mendatang.

Posted on 19 Oktober 2012, in Ekonomi Mikro and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: