METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI

Metodologi pengembangan sistem adalah langkah-langkah yang dilalui oleh analis sistem dalam mengembangkan sistem informasi. Pengembangan sistem akuntansi dilaksanakan melalui tiga tahap utama, yaitu :

1)      Analisis sistem (system analysis)

2)      Desain sistem (system design)

3)      Implementasi sistem (system implementation)

Tahap analisis sistem adalah tahap yang paling menentukan dalam proses pengembangan sistem akuntansi. Kesalahan yang terjadi dalam tahap analisis sistem akan mengakibatkan sistem akuntansi yang dirancang dan diimplementasikan tidak mampu memenuhi kebutuhan pemakai informasi. Analisis sistem dapat dibagi menjadi empat tahap :

1)      Analisis pendahuluan

2)      Penyusunan usulan pelaksanaan analisis sistem

3)      Pelaksanaan analisis sistem

4)      Penyusunan laporan hasil analisis sistem.

Dalam analisis pendahuluan, analisis sistem mengumpulkan informasi untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai perusahaan kliennya. Pelaksanaan analisis sistem direncanakan oleh analis sistem dalam suatu dokumen tertulis yang disebut “Usulan Pelaksanaan Analisis Sistem”. Pelaksanaan analisis sistem didasarkan pada rencana kerja yang dituangkan dalam Usulan Pelaksanaan Analisis Sistem. Dalam analisis sistem, sumber informasi untuk mengembangkan sistem akuntansi adalah sistem akuntansi yang sekarang digunakan, sumber intern yang lain, dan sumber-sumber luar. Dalam tahap analisis sistem, pengumpulan informasi dilaksanakan analis sistem dengan cara wawancara, kuesioner, metode analisis kelompok, pengamatan, dan pengambilan sampel dan pengumpulan dokumen. Hasil akhir proses analisis sistem disajikan oleh analis sistem dalam suatu laporan yang disebut Laporan Hasil Analisis Sistem.

Desain adalah proses penterjemahan kebutuhan pemakai informasi ke dalam alternatif rancangan sistem informasi yang diajukan kepada pemakai informasi untuk dipertimbangkan. Tahap desain sistem dibagi menjadi :

1)      Desain sistem secara garis besar

2)      Penyusunan usulan desain sistem secara garis besar

3)      Evaluasi sistem

4)      Penyusunan laporan final desain sistem secara garis besar

5)      Desain sistem secara rinci

6)      Penyusunan laporan final desain sistem secara rinci.

IMPLEMENTASI SISTEM

Implementasi adalah pendidikan dan pelatihan pemakai informasi, pelatihan dan koordinasi teknisi yang akan menjalankan system, pengujian system yang baru, dan pengubahan yang dilakukan untuk membuat system informasi yang telah dirancang menjadi dapat dilaksanakan secara operasional. Puncak segala kegiatan pengembangan dan perancangan system informasi adalah terletak pada tahap implementasi.dalam tahap implementasi ini, analisis system penyusun Laporan Final Implementasi system yang terdiri dari dua bagian: Rencana Implementasi dan Hasil Pelaksanaan Implementasi.

Persiapan Implementasi Sistem

Meskipun suatu system akuntansi telah dirancang dengan baik, namun sebagian besar sukses pengembangan system ditentukan oleh bagaimana baiknya perencanaan implementasi system disusun dan dilaksanakan. Bagian terpenting dalam Laporan Final Implementasi Sistem adalah perencanaan implementasi system.

Pendidikan Dan Pelatihan Karyawan

Dalam tahap implementasi perlu dilakukan pendidikan dan pelatihan karyawan yang akan terkait dalam pelaksanaan system akuntansi. Karyawan yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan dibagi menjadi dua golongan yaitu karyawan pemakai informasi dan karyawan pelaksan system.karyawan pemakai informasi terdiri atas managemen, staf, di berbagai daerah fungsional seperti pemasaran, personalia, hubungan masyarakat.

Konversi Sistem

Konversi system adalah perubahan dari system lama ke system baru. Terdapat empat pilihan utama pendekatan yang digunakan untuk mengubah system lama ke system baru yaitu:  (1) konversi langsung adalah implementasi system baru secara langsung dan menghentikan segala pemakaian system lama, (2) konversi pararel adalah implementasi sitem baru secara bersamaan dengan pemakaian system yang lama selama jangka waktu tertentu, (3) konversi modural seringkali disebut dengan pendekatan pilot project adalah implementasi system baru ke dalam organisasi  secara sebagian- sebagian, (4) konversi phase-in adalah mirip dengan konversi modural. Bedanya adalah terletak pada konversi modural membagi organisasi untuk implementasi system baru, sedangkan konversi phase-in yang dibagi adalah sistemnya sendiri.

Untuk mengkomunikasikan hasil analisis system dan rancangan system kepada para pemakai informasi, analisis system menggunaan symbol-simbol standar. System standar digunakan oleh analisis system untuk mencerminkan aliran data dan aliran dokumen dalam system. Bagan yang melukiskan aliran pengolahan data dalam suatu system informasi disebut dengan bagan aliran data( data flow diagram). Dan bagan yang menggambarkan aliran dokumen dalam suatu system informasi disebut dengan bagan alir dokumen(document flowchart).

Posted on 29 September 2012, in Sistem Akuntansi and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: