FORMULIR

Penggunaan formulir elektronik sebagai media untuk menangkap data yang akan diolah. Dalam pengolahan data elektronik, memiliki berbagai manfaat berikut ini: tak pernah kehabisan formulir, tak pernah ketinggalan zaman, ketidakefisienan formulir dapat dihindari, tidak dimungkinkan penggunaan formulir yang salah, kecepatan pengisian formulir, penangkapan data dilakukan sekali, tidak ada data yang mengambang.

Manfaat Formulir dalam perusahaan formulir bermanfaat untuk: menetapkan tanggung jaeab timbulnya transaksi bisnis perusahaan, merekam data transaksi bisnis perusahaan, mengurangi kemungkinan permasalahan dengan caramenyatakan semua kejadiandalam bentuk tulisan,menyampaikan informasi pokok dari orang satu ke orang lain di dalam organisasi yang sama atau ke organisasi yang lain.

Golongan Formulir menurut Sumbernya

Formulir yang digunakan dalam suatu organisasi dapat digolongkan menurut sumbernya. Menurut sumbernya formulir dapat dibedakan menjadi 3 golongan: formulir yang dibuat dan disimpan dalam perusahaan, formulir yang dibuat dan dikirimkan kepada pihak luar perusahaan, formulir yang diterima oleh pihak luar perusahaan.

Golongan Formulir Menurut Tujuan Penggunaannya

Pada dasarnya formulir dapat digolongkan menjadi dua menurut tujuan penggunaaanya yaitu: (1) formulir yang dibuat untuk meminta dilakukannya suatu tindakan, dan (2) formulir yang digunakan untuk mencatat tindakan yang telah dilaksanakan.

PRINSIP DASAR YANG MELANDASI PERANCANGAN FORMULR

Dalam merancang suatu formulir, prinsip-prinsip berikut ini perlu diperhatikan yaitu: (1) pemanfaatan tembusan atau copy formulir, (2) penghindaran duplikasi dalam pengumpulan data,(3) rancangan formulir yang sederhana dan ringkas, (4) unsure internal check dalam merancang formulir,(5) nama dan alamat perusahaan dalam formulir, (6) nama formulir, (7) nomor identifikasi dalam setiap formulir, (8) formulir besar,(9) pencetakan garis pada formulir, (10) pencantuman nomor urut terletak, (11) rancangan formulir yang hanya menggunakan tanda X atau V, (12) formulir ganda, (13) pembagian zona.

KAPAN FORMULIR DIPERLUKAN

Ada 4 keadaan yang mendasari perlunya penggunaan formulir yaitu: jika suatu kejadian harus dicatat, maka formulir perlu digunakan, jika informasi tertentu harus dicatat berulang kali, penggunaan formulir akan mengurangi penulisan informasi tersebut, jika berbagai informasi yang saling berhubungan perlu disatukan, dalam tempat yang sama untuk memudahkan pengecekan yang cepat mengenai kelengkapan informasinya, maka formulir harus digunakan, jika dibutuhkan untuk menetapkan tanggung jawab terjadinya transaksi, formulir perlu digunakan.

INFORMASI YANG DIPERLUKAN DALAM MERANCANG FORMULIR

Formulir yang digunakan oleh suatu perusahaan perlu ditinjau secara periodic untuk menentukan perlu tidaknya diadakan penyempurnaan, penggantian, atau penghentian pemakaian formulir yang sekarang digunakan. Untuk itu perlu dilakukan survai guna mengumpulkan informasi yaitu: (1) yang bersangkutan dengan formulir itu sendiri, misalnya mengenai isinya, jumlah lembar tembusannya, dan jenis kertas yang digunakan , (2) yang bersangkutan dengan kegiatan penyediaan, pengisian, dan pencatatan informasi dari formulir tersebut.

DOKUMEN SUMBER DAN DOKUMEN PENDUKUNG

Ditinjau dalam pengolahan data akuntansi dokumen atau formulir digolongkan menjadi dua macam: (1) dokumen sumber (source document) adalah dokumen yang digunakan sebagai dasar pencatatan ke dalam jurnal atau buku pembantu, (2) dokumen pendukung (supporting document atau corroborating) adalah dokumen yang melampiri dokumen sumber sebagai bukti sahnya transaksi yang direkam dalam dokumen sumber

Posted on 29 September 2012, in Sistem Akuntansi and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: