POLA KEGIATAN PEREKONOMIAN

Secara garis besar, sistem ekonomi dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu ekonomi pasar, ekonomi campuran dan ekonomi perencanaan pusat. Ekonomi pasar ialah perekonomian yang kegiatannya dikendalikan sepenuhnya oleh interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Ekonomi campuran ialah sistem ekonomi pasar yang disertai campur tangan pemerintah. Sistem ekonomi perencanaan pusat adalah sistem ekonomi yang kegiatannya diatur sepenuhnya oleh pemerintah. Tetapi sebagian besar negara biasanya menggunakan sistem ekonomi campuran.

Perekonomian dibedakan menjadi dua, yaitu perekonomian subsisten dan perekonomian uang. Dalam perekonomian subsisten, perdagangan dilakukan secara barter yaitu perdagangan dengan cara menukar barang dengan barang. Dalam perekonomian uang, alat yang digunakan dalam tukar menukar (perdagangan) ialah uang. Seseorang tidak perlu menghasilkan semua barang yang mereka inginkan, yang perlu dilakukan ialah spesialisasi dalam memproduksi barang-barang sehingga dapat dihasilkan dengan cara yang paling efisien. Uang digunakan sebagai alat untuk tukar menukar yang akan melancarkan perdagangan. Dan perdagangan yang bertambah lancar akan memberikan perangsang kepada masyarakat untuk meningkatkan spesialisasi dalam pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka. Spesialisasi ini akan mempercepat perkembangan ekonomi.

Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi dibedakan menjadi tiga yaitu, rumah tangga, perusahaan dan pemerintah. Rumah tangga adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian, sektor ini menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan, selain itu juga faktor-faktor produksi seperti barang-barang modal dan kekayaan alam. Perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa. Pemerintah dalam hal ini badan-badan pemerintah bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Selain mengatur dan mengawasi kegiatan-kegiatan ekonomi rumah tangga dan perusahaan, pemerintah juga melakukan sendiri beberapa kegiatan ekonomi, seperti kegiatan mengembangkan prasarana ekonomi, misalnya jalan raya, pelabuhan dan bandara.

Sirkulasi aliran pendapatan menunjukkan bentuk aliran faktor produksi, pendapatan, barang serta jasa dan pengeluaran antara sektor rumah tangga dan sektor perusahaan. Pada umumnya mekanisme pasar adalah sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian tetapi dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya.

Berikut beberapa kebaikan dan kelemahan mekanisme pasar,

  1. Kebaikan:
  • Pasar dapat memberi informasi yang lebih tepat.
  • Pasar memberi perangsang untuk mengembangkan kegiatan usaha.
  • Pasar memberi perangsang untuk memperoleh keahlian modern.
  • Pasar menggalakan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien.
  • Pasar memberikan kebebasan yang tinggi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.
  1. Kelemahan:
  • Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu.
  • Kegiatan ekonomi sangat tidak stabil keadaannya.
  • Sistem pasar dapat menimbulkan monopoli.
  • Mekanisme pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.
  • Kegiatan konsumen dan produsen mungkin menimbulkan eksternalitas yang merugikan.

Yang dimaksud dengan kegagalan pasar adalah ketidakmampuan dari suatu perekonomian pasar untuk berfungsi secara efisien dan menimbulkan keteguhan dalam kegiatan dan pertumbuhan ekonomi. Kegagalan ini mendorong pemerintah untuk menjalankan beberapa kegiatan ekonomi.

Keterlibatan pemerintah dalam kegiatan ekonomi dapat dibedakan dalam tiga bentuk yaitu:

  • Membuat peraturan-peraturan.
  • Menjalankan kebijakan fisikal dan moneter.
  • Melakukan kegiatan ekonomi secara langsung.

Posted on 24 September 2012, in Ekonomi Mikro and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: